Iklan

Iklan

,

Iklan

Hikmah dan Amalan pada Malam 1 Muharram: Memulai Tahun Baru dengan Doa

, Saturday, July 06, 2024 WIB Last Updated 2024-07-09T07:59:23Z
Hikmah dan Amalan pada Malam 1 Muharram: Memulai Tahun Baru dengan Doa


Indotech Post - Malam 1 Muharram merupakan awal dari tahun baru dalam kalender Hijriah. Bagaimana hukum dan amalan yang dapat dilakukan dalam menyambut momen bersejarah ini?

Mengapa Malam 1 Muharram Penting?

Malam yang jatuh pada tanggal 6 Juli 2024 ini memiliki makna yang sangat dalam bagi umat Islam. Banyak tradisi dan amalan dilakukan untuk memulai tahun baru Islam dengan penuh harapan dan doa kepada Allah SWT.

Amalan-Amalan yang Dianjurkan:

1. Membaca Doa Awal Tahun

Doa awal tahun menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Meskipun tidak ada dalil yang eksplisit dari Al-Qur'an atau hadis tentang doa khusus pada malam 1 Muharram, umat Islam dianjurkan untuk berdoa secara umum. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah:

"اللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ"

Artinya: "Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan dan pengikut-pengikutnya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berbuat jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

2. Melakukan Salat Sunnah

Selain salat wajib, disarankan untuk melaksanakan salat sunnah, seperti tahajud jika terbangun pada tengah malam atau salat sunnah sebelum salat wajib.

3. Berpuasa Sunnah

Puasa pada hari pertama Muharram atau puasa Asyura (10 Muharram) sangat dianjurkan sebagai amalan yang membawa keberkahan di awal tahun baru.

4. Menjaga Silaturahim

Mempererat tali persaudaraan dengan menjalin silaturahim bersama keluarga, kerabat, dan tetangga.

5. Bersedekah dan Memohon Ampun

Bersedekah kepada yang membutuhkan dan memohon ampun kepada Allah SWT merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam bulan Muharram.

6. Membaca Al-Qur'an

Membaca dan merenungkan ayat-ayat suci Al-Qur'an, terutama surat-surat yang memiliki keutamaan khusus, seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

7. Menjenguk Orang Sakit

Memenuhi sunnah Nabi dengan menjenguk orang sakit dan berdoa untuk kesembuhannya.

8. Memotong Kuku dan Menjaga Kebersihan

Amalan sunnah lainnya adalah memotong kuku dan menjaga kebersihan tubuh.

Kesimpulan:

Malam 1 Muharram adalah momen bersejarah bagi umat Islam untuk memulai tahun baru dengan amalan-amalan yang penuh keberkahan dan harapan. Semoga amalan-amalan ini membawa keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT di tahun yang baru ini.


(_id)

Terbaru Lainnya

TERKINI LAINNYA
REGIONAL