Iklan

Iklan

,

Iklan

Workshop Kewirausahaan: Pemkab Bojonegoro Latih Pemuda Ciptakan Lapangan Kerja

, Tuesday, July 02, 2024 WIB Last Updated 2024-07-02T14:44:42Z
Workshop Kewirausahaan: Pemkab Bojonegoro Latih Pemuda Ciptakan Lapangan Kerja


Indotech.eu.org - Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengadakan workshop kewirausahaan untuk pemuda, bertujuan agar mereka mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Workshop yang digelar selama dua hari, Selasa-Rabu (2-3/7), diikuti oleh 150 pemuda dari 28 kecamatan serta peserta umum.

"Ini untuk mempersiapkan pemuda Bojonegoro mengembangkan potensi diri menjadi wirausaha muda," ujar Kepala Dispora Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid, di Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa.

Amir menjelaskan, jumlah pemuda di Bojonegoro mencapai 279.031 orang, atau 21 persen dari total penduduk. Pada tahun 2023, terdapat 91.390 UMKM yang tersebar di 28 kecamatan.

Workshop ini mengusung tema "Set Up Your Mind and Goal to be Young Entrepreneur" (Mengatur pola pikir dan tujuanmu menjadi wirausaha muda). Para peserta diharapkan mampu menggali potensi diri dan mengembangkannya untuk menjadi wirausaha muda yang kreatif dan inovatif.

Amir menambahkan, melalui kegiatan ini, peserta akan memahami pentingnya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan legalitas usaha lainnya. Peserta juga akan mendapatkan layanan legalitas usaha berupa NIB sebagai identitas wirausaha muda, serta langkah awal untuk mendapatkan legalitas usaha seperti P-IRT, merek, dan sertifikasi halal.

"Diharapkan pemuda Bojonegoro memiliki pola pikir positif yang menjadi dasar penguatan mental sebagai wirausaha," ujar Amir.

Sementara itu, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengapresiasi workshop ini. Menurutnya, menjadi wirausaha muda sangat penting karena pengusaha dapat menjadi pondasi pembangunan, menciptakan lapangan kerja, dan mengembangkan usaha.

"Melalui kegiatan ini, para wirausaha muda dapat membuat jejaring sosial, bersinergi dengan beberapa pihak, peka terhadap kebutuhan masyarakat, dan terus berinovasi untuk menghasilkan produk," tambah Adriyanto.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para pemuda Bojonegoro dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.




(_id)

Terbaru Lainnya

TERKINI LAINNYA
REGIONAL